5 Jenis Kura-Kura yang Unik dan Langka di Dunia

Kura-kura adalah hewan bersisik berkaki empat yang termasuk golongan reptil. Bangsa hewan yang disebut (ordo) Testudinata (atau Chelonians) ini khas dan mudah dikenali dengan adanya ‘rumah’ atau batok (bony shell) yang keras dan kaku. Nah berikut ini ada 10 Kura-Kura Paling Unik di Dunia mau tahu kura kura apa aja itu simak berikut ini.

1. Black-Knobbed Map Turtle





Kura-kura yang disebut Black-Knobbed Map Turtle ini adalah salah satu spesies kura-kura dari Amerika Serikat. Spesies ini menghabiskan sebagian besar hari berjemur di pohon-pohon tumbang dan mampu melompat dengan cepat ke dalam air saat dirinya merasa terancam. Mereka mencari perlindungan di dasar sungai dan di antara cabang-cabang pohon yang tumbang.
2. Kura-Kura Leher Panjang



Kura-kura ini tidak hanya aneh karena penampilannya saja, tetapi juga karena pertahanandirinya. Ketika merasa terancam, Eastern Long-necked Turtle akan memancarkan bau berbentuk cairan, untuk itulah sebabnya kura-kura ini juga dikenal sebagai ‘binatang yang buruk tabiatnya’.
3. Mata Mata (Chelus Fimbriatus)



Cangkangnya menyerupai sepotong kulit kayu, dan kepalanya menyerupai daun-daun berguguran. Media hidupnya adalah di dalam air.
4. Argentine Snake-Necked Turtle (Hydromedusa Tectifera)



Spesies ini ditemukan di Argentina, Uruguay, Paraguay dan Brazil dan merupakan salah satu hewan peliharaan yang populer dalam perdagangan hewan eksotis sedunia. Ia lebih dikenal dengan Snake-Necked Turtle yang berasal dari Amerika Selatan. Meskipun ada juga Snake-Necked Turtle sebenarnya yang berasal dari Australia.
5. Cantor’s Giant Soft-Shelled Turtle (Pelochelys Cantorii)



Ini spesies yang tampak aneh bernama Cantor’s Giant Soft-Shelled Turtle merupakan salah satu spesies kura-kura air tawar yang memiliki lebar kepala dan mata yang kecil dekat ujung moncongnya. Kura-kura ini dapat tumbuh hingga 6 kaki (sekitar 2 meter) panjangnya dan beratnya lebih dari 100 pound (sekitar 50 kilogram).


Category Article
Powered by Blogger.